Home » hamil , kesehatan , wanita » Cara menghitung HPL hari perkiraan lahir

Cara menghitung HPL hari perkiraan lahir

Gudang Informasi kali ini membuat artikel berjudul Cara menghitung HPL hari perkiraan lahir. Hal ini disebabkan cukup banyaknya atau setidaknya ada yang mencari artikel Cara menghitung HPL hari perkiraan lahir, hal ini dibuktikan adanya hasil pencarian di google dengan keyword Cara menghitung HPL hari perkiraan lahir. Setelah saya coba browsing di internet, saya coba hadirkan artikel ini di sini. Anda juga dapat melihat artikel lainnya di blog ini yaitu artikel sebelumnya atau artikel berikutnya. Nah, sekarang saatnya anda membaca artikel Cara menghitung HPL hari perkiraan lahir selengkapnya, silahkan lanjutkan membaca artikel berikut:

Cara menghitung HPL hari perkiraan lahir - Salah satu hal penting soal kehamilan adalah hari perkiraan lahir, namun hal ini masih banyak yang belum tahu khususnya bagi pasutri baru yang belumpernah punya anak. Memang sekarang sangat mudah untuk menentukan HPL hari perkiraan lahir, salah satu yang paling sering adalah dengan menanyakan bidan atau dokter kandungan yang telah banyak di lingkungan kita. Akan lebih akurat lagi adalah dengan menggunakan USG, yang dapat menentukan HPL serta memantau perkembangan organ dalam si janin. Dengan mengetahui hari perkiraan lahir atau usia kandungan atau usia kehamilan, maka ibu atau orang tua akan dapat memberikan perhatian dan perlakuan kepada janin dengan lebih baik.
Cara menghitung HPL hari perkiraan lahir

Pengetahuan usia kehamilan dapat dipakai untuk menentukan jadwal pemeriksaan, menentukan nutrisi tambahan yang sesuai usia kandungan, mengetahui apa-apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Akhirnya diharapkan janin dan ibu akan menjalani masa kehamilan yang menyenangkan sehat dan bayi yang selamat serta berkualitas.

Yang akan dibahas pada artikel ini adalah penentuan Hari Perkiraan Lahir berdasar metode rumus Neagele., yang mana metode ini menggunakan patoka  hari pertama haid terakhir sebagai awal usia kehamilan. atau sering disebut sebagai Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT). Meski ada kelemahan, namun metode ini masih cukup akurat untuk menghitung atau memprediksi hari kelahiran bayi kita asal si ibu mempunyai siklus haid yang teratur yaitu 28-30 hari.

Langsung saja kita hitung, caranya: HPHT, tanggal HPHT ditambah 7, bulan HPHT dikurangi 3 dan tahun HPHT ditambah 1. Jika bulan tidak bisa dikurangi 3, maka perlu ditambah 9 dulu, sedangkan tahun tidak perlu ditambah atau dikurangi.


contoh perhitungan nyata:
HPHT mbak 12 Oktober 2007, maka:
12 -10 - 07 (HPHT sobat)
+     -    +
7     3    1
19 - 7 - 08 (inilah tanggal HPL)

Biasanya kelahiran bayi terjadi sekitar tanggal HPL tersebut dengan toleransi sekitar 7 hari sebelum atau sesudahnya.

Nah sobat Gudang Informasi, kami mengucapkan terima kasih atas kunjungan anda dan kesediaannya membaca tulisan berjudul Cara menghitung HPL hari perkiraan lahir. Untuk memberikan komentar, silakan berkomen ria di tempat yang tersedia.

0 komentar:

Poskan Komentar